Home » » Hubungan geografi dengan ekonomi

Hubungan geografi dengan ekonomi

indonesia geografi ekonomi
Ilmu geografi merupakan ilmu yang dapat berhubungan dengan bidang ilmu lain, seperti sosial, budaya, politik, ekonomi maupun bidang ilmu lainnya.

Hubungan geografi dengan ekonomi sangatlah berkaitan dalam kehidupan sehari-hari, karena setiap seseorang melakukan interaksi baik dalam hubungannya dengan manusia, alam, maupun dengan makhlukhidup lainnya

Dewasa ini sangatlah gampang dijumpai hubungan timbal balik antara geografi dan ekonomi. Contoh yang paling sederhana adalah  seseorang yang membuka lahan untuk pertanian. Disaat manusia bekerja keras untuk membuka lahan dengan memotong semak belukar, menggemburkan tanah, menyuburkan tanah dan menyirami merupakan hubungan manusia dengan alam yang juga termasuk dalam kajian ilmu geografi (pendekatan geografi).

Lahan yang sudah siap untuk pertanian, maka akan ditanam sayuran atau buah-buahan. Dari hasil pertanian tersebut seorang petani sangat mengaharapkan hasil, yaitu pendapatan dari hasil panen pertanian tersebut baik berupa buah-buahan atau sayur-sayuran. Petani yang mendapatkan pendapatan atau penghasilan dari jerih payahnya bertani dengan membuka lahan dapat dimasukkan dalam kajian ilmu ekonomi. Dalam proses ini sudah dapat diketahui bahwa hubungan geografi ekonomi sangat erat dalam kehidupan manusia.

Dilihat secara mendalam, dapat diketahui bahwa hubungan geografi ekonomi bertujuan untuk meningkatan atau memperbaiki pendapatan atau ekonomi manusia kearah yang lebih baik atau sejahtera. Perbaikan pendapatan atau ekonomi manusia untuk kearah sejahtera dapat dilihat dengan: hasil pendapatan dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan pokok, mampu menambah penghasilan pokok jika dilakukan secara sampingan, meningkatkan kesejahteraan hidup, dan hidup jadi lebih mandiri.

1 comments: